BUKU IPA TERPADU. ..

Judul asli : IPA TERPADU

Penyusun : Tim Abdi Guru

Penerbit : Erlangga

Tahun Terbit : 2007

Halaman :

Resensator: Muh. Adityawan Surya Prayogi

Buku ini disusun untuk membantu pelajar khususnya kelas IX SMP. Buku ini disusun sebagai penunjang para pelajar selain BKS dari Pemerintah Kota.

Isinya membahas materi pembelajaran IPA (Biologi dan Fisika) untuk kelas IX SMP Semester 1 dan 2. buku ini bernilai bagus untuk dijadikan penunjang buku yang lain yang tersedia. Selain itu, dapat dilihat dari isinya bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pelajaran IPA selama satu tahun hanya berkisar + Rp 40.000,-. Isinya pun juga termasuk ringkas, singkat, padat, jelas, mudah dipahami dan dilengkapi dengan gambar ilustrasi untuk alat, organ makhluk, contoh aliran listrik, dan banyak yang lainnya. Selain materi yang ada, juga terdapat soal-soal evaluasi pada setiap babnya sebagai latihan siswa.

Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan komunikatif dengan pembaca, sehingga pembaca dapat lebih jelas memahami seluruh isi materi yang disampaikan buku ini.

Sampul buku ini memilki konsep alam semesta yakni satelit Planet Bumi, Bulan. Sampulnya cukup menarik karena cocok dengan materi yang disampaikan dalam buku ini yakni Pengetahuan Alam.

Selain kelebihan yang terurai di atas, buku ini juga memilki kekurangan. Kekurangannya terletak pada penjelasan yang disampaikan oleh penyusun, yakni penjelasannya terlalu singkat atau sedikit. Sehingga bagi para pelajar yang kurang dalam hal memehami materi, mungkin agak sulit mencernanya. Tetapi bagi pelajar yang dapat dikatakan pintar atau mampu, saya sarankan untuk memakai buku ini sebagai penunjang belajar.

Leave a comment