a. Teori atom

Setiap benda pasti terbentuk dari partikel-partikel kecil yang disebut dengan “atom”.  Sehingga dapat dikatakan bahwa atom merupakan bagian terkecil dari sebuah benda. ada beberapa pendapat dari para ilmuwan tentang atom, antara lain :

  1. Demokristus : atom merupakan partikel paling kecil yang tidak dapat dibagi lagi.
  2. John Dalton : atom merupakan bagian terkecil dari suatu zat yang tidak dapat dibagi lagi secara reaksi kimia biasa; atom adalah suatu unsur yang tidak dapat berubah menjadi atom unsur lain.
  3. J. J. Thomson : atom seperti kismis; atom merupakan bola pejal yang terdiri dari muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) yang tersebar merata diseluruh bagian atom; jumlah proton sama dengan jumlah elektron sehingga atom bersifat netral.
  4. E. Rutherford : atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif; elektron tersebar merata mengelilingi inti atom; atom bersifat netral karena jumlah proton sama dengan jumlah elektron; inti atom dengan elektron saling tarik dengan gaya inti yang sama, sehingga elektronnya tetap berada dalam lintasannya.
  5. Niels Bohr : atom terdiri dari proton (+), neutron (netral), dan elektron (-); inti atom tersusun atas proton dan neutron; elektron bergerak mengelilingi inti atom dengan gaya inti, sehingga elektron tetap berada dalam lintasannya.


Dari kelima pendapat di atas, teori atom Niels Bohr-lah yang dianggap benar, dan pernyataannya diakui serta digunakan sampai sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s