f. Manfaat dan bahaya listrik statis

Manfaat Listrik Statis

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik statis dapat dimanfaatkan antara lain :

a. Pengendap elektrostatis/penggumpal asap

Alat ini berfungsi untuk membersihkan partikel-partikel abu hasil pembakaran gas pada cerobong asap, sehingga mengurangi pencemaran udara.

b. Pengecatan mobil

Sebelum dicat, biasanya mobil diamplas terlebih dahulu, sehingga bergesekan dan akan menghasilkan muatan listrik. Sedangkan alat semprot cat elektrostatis saat akan disemprotkan, maka butiran-butiran cat dari aerosol akan bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara sehingga butiran cat akan bermuatan listrik. Akibatnya muatan tersebut akan ditarik ke badan mobil. cara ini sangat efektif, efisien, dan murah biayanya.

c. Mesin fotokopi

Cara kerja mesin ini berdasarkan konsep listrik statis dan optik. di dalam mesin ini terdapat logam selenium (merupakan konduktor foto), yang menghantarkan arus listrik saat terkena cahaya dan merupakan isolator listrik saat dalam kegelapan.

d. Printer laser

Alat ini terdiri dari drum photoreceptor, fuser, corona wire, laser, dan toner. Prinsip kerja alat ini adalah penyinaran laser dan proses pemanasan.

Bahaya Listrik Statis

Beberapa bahaya yang berhubungan dengan listrik statis antara lain :

a. Petir

Petir merupakan salah satu gejala alam yang terjadi akibat adanya pelepasan muatan listrik. Saat petir terjadi biasanya bersamaan dengan hujan deras yang disertai kilat dan guntur (bunyi yang sangat keras).

b. Percikan api

5 thoughts on “f. Manfaat dan bahaya listrik statis

Leave a comment